Kamis, 26 Maret 2020

Rumah Sakit Adalah: Berikut Ulasan Tentang Rumah Sakit dan Pelayanan Rawat Inap

0 comments
Rumah Sakit

Rumah sakit adalah suatu institusi yang memberikan pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan perorangan baik itu rawat jalan, rawat inap hingga gawat darurat. Rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang digunakan untuk mengupayakan kesehatan masyarakatnya dan mewujudkan derajat kesehatan secara optimal bagi masyarakat sekitarnya. Dalam mengupayakan kesehatan tentu diperlukan pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, pendekatan pemeliharaan dalam peningkatan kesehatan dan pemulihan kesehatan yang dilakukan secara berkesinambungan, terpadu dan menyeluruh. Rumah sakit juga menjadi salah satu layanan dalam rujukan dari puskesmas untuk rawat jalan maupun menjalani rawat inap yang membutuhkan spesialistik.

Rumah sakit A merupakan tipe yang memberikan kemampuan pelayanan medik dan fasilitas dengan 4 pelayanan untuk spesialis dasar, 5 pelayanan untuk spesialis penunjang medik, 12 pelayanan untuk spesialis medik lain dan 13 untuk pelayanan medik sub spesialis. Rumah sakit A ditetapkan langsung pemerintah dan menjadi pelayanan untuk rujukan tertinggi atau rumah sakit umum terpusat. Pelaksanaannya berfungsi menjadi penunjang pelayanan non medik dan medik, pelayanan rujukan, pelatihan dan pendidikan, administrasi umum serta keuangan dan asuhan keperawatan dan pelayanan.

Pelayanan rawat inap merupakan salah satu pelayanan kesehatan untuk diagnosa, observasi, keperawatan, pengobatan, rehabilitasi medik yang ditunjang oleh sarana kesehatan swasta dan rumah sakit pemerintah. Pelayanan rawat inap diartikan sebagai masuknya pasien dalam rumah sakit dan menempati kamar yang memiliki tempat tidur untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, ruang rawat inap ini membutuhkan pelayanan keperawatan dan memerlukan asuhan secara berkesinambungan lebih dari waktu selama 24 jam. Rawat inap memberikan pelayanan tenaga medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan administrasi dan keuangan, pelayanan tenaga paramedis dan keperawatan dan lingkungan fisik ruang perawatan.

Seseorang yang masuk dalam rawat inap merupakan pasien yang membutuhkan observasi atau intensif karena penyakit, berikut adalah pasien yang memberikan pelayanan untuk rawat inap berdasarkan proses transformasi diantaranya:

Tahap admission sebagai pasien yang penuh dengan keyakinan dan kesabaran untuk dirawat tinggal dalam rumah sakit.
Tahap diagnosis merupakan pasien yang ditegakkan diagnosisnya dan pasien yang diperiksa.
Tahap treatment merupakan dasar dari diagnosis pasien yang masuk dalam program terapi dan perawatan.
Tahap inspeksi merupakan suatu hal yang terus-menerus membutuhkan obersevasi dan dibandingkan dengan pengaruh pada respon pasien terhadap pengobatan yang terpengaruh.
Tahap kontrol merupakan analisa kondisi yang membuat pasien dapat dipulangkan dan pengobatan ini akan diubah dan menjadi diagnosa ulang.

Dalam pelayanan rawat inap maka terdapat beberapa indikator penilaiannya seperti kepuasan pelanggan, pemberi pelayanan, dokter penanggung jawab terhadap pasien, kematian pasien >48 jam, kejadian pulang akan permintaan sendiri, kejadian infeksi nasokomial dan pasca operasi. Rekam medik memiliki indikator dalam kelengkapan pengisian rekam medik selama 24 jam setelah melakukan pelayanan, kelengkapan informed concent ketika membuat informasi jelas dan waktu penyediaan dokumen dari rekam medik. Pelayanan rumah sakit dengan indikator ketepatan waktu dalam pemeliharaan sesuai dengan ketentuan.

Rumah sakit adalah suatu tempat yang menyediakan berbagai pelayanan medik. Pelayanan ini didukung oleh dokter, perawatan dan tenaga kesehatan lainnya yang ditempatkan sesuai bidangnya masing-masing. Pelayanan rawat inap yang diperoleh dari rumah sakit memiliki fasilitas jumlah tempat tidur didasarkan pada kelas. Tenaga dalam rumah sakit umum pada tipe A adalah tenaga nonkesehatan, tenaga kesehatan, tenaga keperawatan, tenaga medis dan tenaga kefarmasian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar