Kamis, 09 Januari 2020

Daftar Pilihan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Jakarta Selatan yang Bagus

0 comments
Dokter

Kata geriatri berasal dari bahasa Yunani, geron yang berarti orang tua. Sedangkan iatreia berarti penanganan atau penyembuhan terhadap penyakit. Di dalam dunia medis, geriatri adalah ilmu yang mempelajari pada diagnosis, penanganan, serta pencegahan penyakit serta gangguan kesehatan tertentu akibat terjadinya penuaan. Kategori lanjut usia di Indonesia sendiri adalah yang berusia di atas 60 tahun. Kelompok lansia lebih rentan akan terjadinya gangguan kesehatan dibandingkan kelompok usia lain. Dari data yang di keluarkan oleh Kementrian Kesehatan pada 2016, jumlah lansia di seluruh wilayah Indonesia sendiri kurang lebih mencapai sekitar 22,5 juta jiwa. Dikarenakan itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Jakarta Selatan semakin di cari.

Peran dokter ahli geriatri sendiri adalah membantu para lansia untuk menjaga kesehatan sebagai langkah utama pencegahan penyakit yang lebih serius, serta membantu untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang timbul. Biasanya dokter geriatri mempunyai satu tim medis yang akan membantunya yang terdiri atas, ahli gizi, ahli farmasi, terapis, serta psikiater yang sudah terlatih khusus untuk menangani lansia.

Beragam penyakit serta kondisi pada lansia bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada daya ingat dan daya lihat, kesulitan untuk menahan buang air, adanya gangguan kesehatan yang timbul dikarenakan efek samping obat-obatan tertentu, serta keadaan tubuh yang semakin melemah. Tidak jarang dikarenakan hal-hal tersebut membuat lansia kesulitan dalam melakukan aktivitas-aktivitas setiap hari, termasuk makan, mandi, ataupun berpakaian. Inilah tugas serta peran dokter geriatri yaitu membantu penanganan kondisi-kondisi tersebut. Dokter deriatri serta tim medis seharusnya sudah memahami bahwa penanganan lansia membutuhkan penanganan yang menyeluruh. Mulai dari adanya evaluasi penyakit yang pernah diderita sampai perencanaan perawatan yang tepat, dokter geriatri akan bekerjasama dengan keluarga lansia.

Lansia sangat rentan terhadap gangguan kesehatan. Di bawah ini adalah gangguan-gangguan kesehatan pada lansia yang dapat ditangani oleh dokter geriatri, yaitu:

Penyakit jantung.
Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama kematian pada lansia di atas usia 65 tahun karena faktor-faktor seperti hipertensi serta kolesterol yang tinggi.

Artritis.
Hampir separuh dari lansia diatas 65 tahun akan mengalami radang sendi ini yang mana dapat membuat aktivitas mereka akan terganggu. Pentingnya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kanker.
Resiko terkena kanker dengan seiringnya pertambahan usia akan semakin tinggi. Dari data yang dihimpun, sebanyak 20% lansia di atas usia 65 tahun terkena penyakit kanker.

Demensia.
Lansia di atas usia 60 tahun akan besar resikonya terkena gangguan mental ataupun saraf. Demensia sendiri dapat menyebabkan adanya gangguan pada ingatan, tingkah laku serta pikiran yang kemudian berefek pada aktivitas sehari-hari.

Osteoporosis.
Adanya penurunan massa tulang banyak dialami oleh lansia. Gaya hidup tidak merokok, olahraga teratur, membatasi makanan tinggi asam, memenuhi kandungan kalsium, serta tidak mengonsumsi minuman keras dapat membantu lansia terhindar dari penyakit ini.

Mengingat banyaknya resiko penyakit yang dapat di derita lansia, maka peranan dokter geriatri sangat penting. Untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta Selatan dan ingin memastikan kesehatan orang terkasih Anda, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Jakarta Selatan berikut:

Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp,PD-Kger, M.Epid.

Lokasi praktik : Rumah Sakit Medistra, Setiabudi, Jakarta Selatan.
Jam praktik : Rabu 17.00-19.00. Sabtu 08.00-11.00.

Prof. dr. Harry Isbagio, Sp.PD-Kger.

Lokasi praktik : Rumah Sakit Metropolitan Medical Center.
Jam praktik : senin, Rabu, Jumat 14.00-18.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar