Jumat, 13 Desember 2019

Resep ikan bakar khas padang

0 comments
Ikan Nila Bakar Padang

Siapa sih yang tidak suka olahan ikan yang satu ini, ikan bakar. Apalagi jika dimakan saat ikan baru saja dibakar saat masih panas, dengan bumbu yang lekoh dan masih panas, yum sangat menggoyang lidah. Apalagi jika dimakan dengan nasi panas dan sedikit sambal dan lalap, rasanya dijamin akan semakin mantul alias mantap betul. Bahkan bisa-bisa kalian jadi menambah porsi nasi deh saking enaknya.

Pada umumnya ikan bakar dibuat menggunakan sambal kecap yang sudah diracik sedemikian rupa dan biasanya aroma yang sangat tercium adalah aroma dari bawang putihnya. Tapi ada loh bumbu untuk ikan bakar yang tidak kalah sedap dan kaya akan rasa, yups ikan bakar padang! Kalian yang sudah pernah mencobanya dijamin bakal ketagihan dengan bumbu yang meresap kedalam ikan bakar. Yang pastinya rasanya lebih lekoh dibandingkan dengna ikan bakar yang hanya menggunakan kecap saja

Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep ikan bakar padang yang sangat mudah untuk diikuti dirumah dan pastinya rasanya akan menggoyang lidah, dan pastinya orang rumah akan mencintai masakan yang satu ini. resep ini biasanya menggunakan ikan nila yang ukurannya besar tapi kalian juga bisa mengganti jenis ikan sesuai dengan selera masing-masing. Yuk kita intip apa saja sih bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan bakar padang yang istimewa!

Bahan:
- Ikan nila dengan ukuran yang besar (ikan opsional, bisa diganti dengan ikan lain)
- Santan kental 50 ml
- Daun salam 2 lembar
- Daun kunyit 1 lembar
- Serai 1 batang
- Jeruk nipis 1 buah
- Minyak goreng 1 sendok makan
- Gula dan garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:
- Jahe
- Lengkuas
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- Cabai rawit sesuai dengan selera
- 5 cabai merah (bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan selera)
- Kunyit
- 2 buah kemiri

Setelah semua bahan disiapkan, sekarang saatnya kita intip cara membuat ikan bakar padang istimewa!

1. Bersihkan sisik pada ikan, dan jeroan pada ikan dibuang kemudian ikan bisa dicuci dan di baluri dengan campuran dari jeruk nipis yang sudah dicampur dengan garam sebanyak satu sendok the

2. Haluskan bumbu halus semuanya.
3. Balurkan setengah bumbu halus kebadan ikan kemudian ikan bisa didiamkan selama minimal 1 jam agar bumbu dapat meresap kedalam ikan.

4. Panaskan Teflon dan masukan sedikit minyak, kemudian sisa bumbu halus bisa di tumis dan juga tambahkan daun kunyit dan salam serai.

5. Selanjutnya setelah bumbu terasa harum, ikan bisa dimasukan kedalam Teflon dan kemudian masukan santan secukupnya agar gurih, dan juga tambahkan gula dan garam sesuai dengan selera kalian. Masaklah ikan hingga bumbunya menyusut.

6. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan panggangan, setelah pangganyan panas kalian bisa membakar ikan sambil mengoleskan bumbu sesekali, bakar ikan hingga matang.

7. Hati-hati saat membakar karena karena ikan sudah matang dan akan sedikit lembek sehingga saat membaliknya harus hati-hati.

Jadilah ikan bakar padang special, kalian bisa menyajikannya dimeja makan untuk makan siang ataupun makan malam yang pastinya akan sangat enak disantap bersama keluarga. Akan semakin enak saat disantap hangat-hangat dengan nasi panas dengan tambahan sambal dan juga lalap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar