Selasa, 12 November 2019

Tips Hemat Upgrade Audio Mobil

0 comments
Mutasi Mobil

Ibukota Jakarta memang terkenal dengan kemacetan luar biasanya, bahkan disaat jam sibuknya untuk berjalan sejaush 2 kilometer saja bisa membutuhkan waktu sampai berjam-jam.

Tentu jika tertimpa macet akan sangat membosankan jika didalam mobil tidak terasa nyaman dan hanya senyap tanpa ada music yang bisa menemani saat kemacetan.

Untuk menambah kenyamanan dan kualitas audio dimobil tentu saja harus dilakukan perombakan atau malah penambahan alat audio, namun untuk mengupgrade audio mobil tentu saja diperlukan biaya.

Namun kadang biaya menggantikan perangkat audio mobil yang cukup mahal membuat orang enggan melakukkannya. Tapi jika kamu mengetahui smart way to upgrade your car audio, maka kamu akan menemukan cara mengupgradenya dengan budget yang miring. 
Nah, jika kamu belum mengetahinya, berikut ini kami berikan beberapa tips mengupgrade audio mobilmu dengan budget pas-pasan, antara lain :

1. Peredam kabin
Meski sering dilupakan, peredam kabin sebenarnya bisa menjadi pendukung utama dalam mendongkrak performa audio, loh! Hal ini diperlukan untuk meredam suara dari luar yang bisa tembus kedalam kabin. Biasanya peredam terbuat dari bahan busa yang dicampur dengan kain. Namun jika ingin peredam yang lebih efektif, kamu bisa memilih peredam berbahan dasar kayu yang jauh lebih unggul dalam memantulkan suara dalam kabin mobil. Hanya dengan modal 400-500 ribu per panel (sisi mobil), kamu sudah bisa hilangkan polusi suara dari luar mobil guna lebihnikmati kualitas audio mobil.

2. Pilih perangkat audio yang sesuai dengan mobil
Tak jarang banyak orang pilih audio mobil hanya berdasarkan merk yang terkenal, namun kualitas dari produk tersebut belum tentu cocok dengan kendaraan mereka. Agar tidak terjebak hal ini, selalu lebih baik untuk cari tahu tentang perangkat audio yang cocok untuk mobil kamu dengan browsing di internet dan mencari berbagai review. Sebagai sebuah panduan dasar, jika head unit kamu miliki output daya yang kecil, pilihlah speaker dengan sensitivitas yang tinggi, sekitar 90dB. Semakin tinggi sensitif speaker, semakin efisien daya yang dibutuhkan.

3. Speaker atau subwoofer
Sebagian besar orang sering beranggapan jika ingin mendapatkan kualitas audio seperti di bioskop harus menambahkan subwoofer. Padahal biaya untuk menambahkan subwoofer cukup menguras kantong dan membutuhkan ruang bagasi yang luas. Padahal tanpa subwoofer pun kamu bisa mendapatkan kualitas audio yang mendekati kualitas bioskop dengan budget yang nggak terlalu mahal. Cukup dengan mengubah speaker dan tweeterpada speaker mobil dan kamu bisa dapatkan kualitas dahsyat hanya dengan mengeluarkan dana satu jutaan saja.

4. Melihat fitur-fitur dari Head Unit
Head unit yang mahal tentu akan menawarkan berbagai fitur canggih, tapi kadang semua fitur-fitur tersebut belum tentu diperlukan jika kamu hanya ingin dengar musik. Jika kamu lebih menghandalkan GPS pada smartphone dan tidak akan nonton TV saat macet, sebaiknya cari head unit yang sesuai kebutuhan saja. Pilih head unit yang dilengkapi sebuah equalizer yang sehingga kamu dapat mengatur sendiri kualitas sound yang dihasilkan. Jika ingin nambah speaker dan mencari kualitas audio yang lebih mantap, sebaiknya pilih head unit yang memiliki jalur koneksi audio pre out, Front, Rear dan Subwoofer. Hal ini diperlukan jika kamu ingin menambahkan amplifier untuk audio mobil.
Dengan audio yang bagus biasanya mobil juga akan bertambah nilai jualnya, namun jika kamu menjualnya dengan orang diluar kota maka jangan lupa untuk mutasi mobil agar kamu tidak terkena pajak progressive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar