Minggu, 28 Juli 2019

Daftar Kegunaan Minyak Alpukat Untuk Kecantikan

0 comments
Tahukah anda kalau minyak alpukat sekarang bisa dijadikan sebagai minyak untuk kecantikan dan kesehatan pengganti minyak kelapa sawit. Bahkan digadang-gadang sebagai minyak sehat dengan sejuta khasiat seperti minyak zaitun.

Seperti minyak zaitun, avocado oil alias minyak alpukat memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Apa saja khasiat yang bisa didapatkan dari minyak alpukat? Berikut ini kami tampilkan sejumlah hasil penelitian mengenai minyak alpukat yang dilansir dari Healthline.

Minyak alpukat


1. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Para peneliti telah mendokumentasikan bagaimana minyak alami seperti minyak alpukat dapat bermanfaat bagi kulit. Asam lemak sehat di dalam minyak alpukat memiliki banyak manfaat untuk kulit. Sementara lesitin dan vitamin E di dalamnya akan menjadikan kulit senantiasa lembap dan halus.

Minyak alpukat bisa digunakan secara langsung pada kulit atau diramu bersama krim dan losion yang biasa Anda gunakan setiap hari. Bisa juga digunakan sebagai bahan campuran masker.


2. Melindungi dari Sinar UV dan Meningkatkan Metabolisme Kolagen

Beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E yang ditemukan di dalam minyak alpukat berkhasiat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultra violet. Kandungan-kandungan tersebut juga terbukti mampu meningkatkan metabolisme kolagen. Perlu diketahui, kolagen sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.


3. Melindungi Kulit dari Mikroba

Mikroba seperti jamur dan bakteri bisa menjadi biang kerok jerawat. Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bukti bahwa krim kulit yang terdiri dari minyak alpukat, pohon teh, emu, dan jojoba memiliki efek antimikroba yang baik untuk melindungi kulit.


4. Mendukung Penyembuhan Luka

Minyak alpukat juga dapat membantu menyembuhkan luka. Sebuah studi di tahun 2013 menemukan bahwa asam linoleat, asam oleat, dan asam lemak tak jenuh tunggal lain yang terkandung di dalam minyak alpukat dapat mempercepat penyembuhan luka.

5. Merawat Kulit yang Menderita Psoriasis

Beberapa bukti menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat membantu merawat penyakit, misalnya psoriasis. Psoriasi adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan bercak merah tebal, bersisik, dan kemerahan di kulit.

Sebuah studi di tahun 2001 menemukan bukti bahwa minyak alpukat yang dicampur dengan krim vitamin B12 dapat meringankan gejala psoriasis untuk jangka waktu yang lebih lama daripada terapi vitamin D3 tradisional. Para peneliti berteori bahwa krim vitamin B12 yang mengandung minyak alpukat dapat digunakan sebagai pengobatan jangka panjang untuk psoriasis.

6. Mencegah Kerusakan Rambut

Sebuah penelitian di tahun 2015 yang dipublikasikan di International Journal of Trichology menemukan bukti bahwa mineral di dalam minyak alpukat dapat membantu menyegel sel-sel kutikula, sehingga rambut terhindar dari kerusakan.

Demikian manfaat-manfaat kecantikan yang terkandung di dalam minyak alpukat. Anda bisa memanfaatkan khasiatnya dengan berbagai cara. Olah menjadi masker atau krim malam. Bisa juga dijadikan minyak untuk pijat wajah, facial oil, atau pelembap tubuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar